Tuesday, August 5, 2014

Membuat Multiboot Flash Disk

Bismillah,

Pernahkah anda mengalami masalah dengan komputer/notebook anda sehingga harus melakukan install ulang OS? Saya yakin sebagian besar dari teman-teman pernah mengalaminya. Nah, pada tulisan ini saya akan membagi pengalaman membuat Flashdisk dengan multiboot iso. Ini akan sangat membantu bagi teman-teman pengguna netbook ataupun notebook yang tidak mempunyai disk drive.

Siapkan sebuah flashdisk dengan kapasitas minimal 4Gb kemudian buat file ISO dari OS yang akan ditambahkan ke flashdisk. Untuk membuat file iso bisa menggunakan burning tools semisal Nero atau Ashampoo. Setelah file iso siap download tool YUMI dari http://www.pendrivelinux.com/

Cara membuatnya sangat mudah. Pertama backup data dari flashdisk anda karena saat pembuatan multiboot nanti YUMI akan melakukan format terhadap flashdisk anda. Jalankan YUMI yang sudah anda download tadi.
Step 1, anda akan diminta untuk memilih drive dari USB flash disk anda. Pastikan anda memilih drive yang benar.
Step 2, Silahkan pilih OS yang akan ditambahkan ke Flashdisk. Pastikan jeni OS yang anda pilih sesuai dengan file iso yang anda miliki.
Step 3, browse file iso yang sudah anda buat tadi. Pada gambar disamping saya memilih ubuntu karena file iso yang saya miliki adalah ubuntu.
Step 4, tentukan besar kapasitas flashdisk yang akan disisakan untuk penyimpanan data. Step ini optional jadi jika anda tidak ingin mengisinya tidak masalah.
setelah selesai klik tombol Create dan tunggu sampai proses ekstraksi dan copy file selesai. Setelah itu anda YUMI akan menanyakan apakah anda masih akan menambahkan file iso lain ke flashdisk anda, jika anda masih memiliki file iso yang ingin ditambahkan silahkan pilih yes dan ulangi dari step 1. setelah semua file iso anda tambahkan maka proses pembuatan multiboot flashdisk anda sudah selesai dan flashdisk anda siap untuk digunakan.
Selamat mencoba dan semoga membantu.




















No comments: