Wednesday, August 6, 2014

Perbedaan Layar sentuh Resistive dan Capacitive

Bismillah,

Mungkin sebagian dari teman-teman pernah melihat atau paling tidak pernah mendengar tentang Resistive dan Capacitive Touchscreen. Mereka biasanya ditemukan pada spesifikasi teknis sebuah smartphone ataupun Tablet. Entah teman-teman tahu perbedaan keduanya atau tidak, tetapi sadar atau tidak sebenarnya anda sudah pernah merasakan perbedaannya, bahkan mungkin kalian pernah bertanya "kenapa stylus dari smartphone lamaku tidak bisa digunakan lagi pada iPad ku yang sekarang". Postingan kali ini mudah-mudahan bisa menjawab pertanyaan itu. 

Layar Sentuh Resistive

Layar sentuh resistive terdiri dari dua lapisan tipis yang dipisahkan oleh bintik-bintik kecil untuk menjaga kedua lapisan tersebut tetap terpisah saat dalam keadaan normal. Sisi yang saling berhadapan dari kedua lapisan ini masing-masing diberi lapisan yang bersifat konduktif dan resistif. Lapisan konduktif juga diberi arus listrik. Saat menerima sentuhan dengan sedikit tekanan maka kedua lapisan ini "dipaksa" untuk bersentuhan sehingga terjadi gangguan arus listrik. Gangguan arus inilah yang kemudian diterima dan diterjemahkan menjadi koordinat dan posisi sentuhan yang akurat.


Kelebihan dari layar sentuh resistive ini adalah layar akan merespon semua sentuhan yang mengenainya selama sentuhan itu memberi tekanan yang cukup untuk mempertemukan kedua lapisan tadi. Inilah yang memungkinkan penggunaan stylus pada layar sentuh jenis ini. Namun sayangnya penggunaan lebih dari satu layer/ lapisan juga berdampak pada berkurangnya ketajaman gambar pada layar dan juga respon dari sentuhan juga tidak secepat layar sentuh capacitive.

Layar Sentuh Capacitive

Berbeda dengan layar sentuh Resistive, layar sentuh Capacitive tidak memerlukan tekanan. Layar sentuh jenis ini menggunakan satu layer/ lapisan yang terisolasi dan diberi bahan konduktif transparan dan diberi aliran listrik didalamnya. 
Layar kapasitif memanfaatkan listrik statis pada tubuh manusia sebagai masukan. Saat jari tangan  anda menyentuh layar akan terjadi perubahan medan listrik pada layar tersebut. Perubahan inilah yang diproses oleh prosessor untuk menentukan posisi sentuhan secara akurat. Karena model ini menggunakan listrik statis yang ada pada tubuh manusia menyebabkan layar tidak akan merespon sentuhan dari stylus anda karena stylus tidak memberikan perubahan pada medan listrik, hal yang sama juga berlaku pada jari tangan yang terlapisi sarung tangan. Kelebihan dari layar kapasitif adalah respon pada layar sentuh model ini bisa lebih baik serta gambar yang ditampilkan juga lebih tajam hal ini disebabkan oleh penggunaan satu layer dan tidak diperlukannya tekanan pada layar.

Nah, semoga setelah mengetahui perbedaan dan kelebihan/ kekurangan dari keduanya dapat membantu anda saat memilih smartphone agar sesuai dengan kebutuhan anda.




 

1 comment:

Fahmi said...

pantas tidak bisa juga kupake di samsung galaxy tab ku... informasi yang berguna gan.. terima kasih dah di share